4 Cara Sederhana Mengatasi PMS

Cara Sederhana Mengatasi PMS

Sekitar 85% perempuan dilaporkan mengalami premenstrual syndrome (PMS) setiap bulannya. Meliputi gejala-gejala seperti keram, perut kembung, dan mudah marah ketika mendekati tanggal menstruasi. Meskipun, tidak ada “obat” yang benar-benar menyembuhkan PMS, beberapa perawatan dan perubahan gaya hidup bisa mengurangi ketidaknyamanan dari PMS. Inilah 4 cara sederhana mengatasi PMS:

Memperbaiki pola makan

Diet garam bisa menyebabkan perut kembung, kafein dapat meningkatkan rasa marah dan cemas, alkohol memperburuk depresi dan terlalu banyak gula bisa mengganggu kestabilan gula darah dan mood kita. Untuk itu, sebaiknya makan lebih banyak buah, sayuran dan gandum seminggu sebelum tanggal menstruasi kita. Bukan hanya dari konsumsi makanan saja, tapi pola makannya juga harus diubah. Makanlah secara teratur untuk menghindari turun naiknya level gula darah.

Baca juga: Cara Memasak Sayur yang Benar Agar Nutrisinya Terjaga

Banyak olahraga

Berolahraga bisa melawan gejala fisik dan emosional dari PMS. Untuk melawan PMS, The National Women’s Health Information Center merekomendasikan olahraga sedang selama 2,5 jam atau olahraga berat seperti aerobik selama satu jam 15 menit. Bisa juga penggabungan olahraga sedang dan berat setiap minggunya, ditambah dua sesi penguatan otot.

Pengobatan herbal

al belum teruji benar, namun ada beberapa tanaman yang efektif menghilangkan gejala PMS seperti keram dan mood jelek. Misalnya seperti jahe, daun raspberry,dandelion atau krim progesteron alami.

Fokus terhadap stres

Pertama, sangat penting bagi kita untuk mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup. Cobalah tidur selama yang kita butuhkan sehingga tidak membuat mood kita semakin buruk saat PMS. Jika sudah cukup, maka sebaiknya cari cara lainnya untuk mengurangi tingkat stres. Kita bisa mencoba pijat, meditasi atau yoga yang menenangkan pikiran dan tubuh. Namun, abaikan cara tersebut, jika stres kita adalah kumpul bersama teman-teman. Pokoknya, cari cara menghilangkan stres yang paling cocok untuk diri kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.