4 Tanda Kanker Serviks Yang Harus Diketahui

Tanda Kanker ServiksKondisi kanker serviks jarang sekali diketahui pada penderita dengan keadaan stadium awal. Kebanyakan mereka diketauhi menderita kanker serviks ketika kanker tersebut dalam stadium lanjut. Padahal, besar kemungkinan untuk sembuh ketika kanker dalam stadium awal atau baru muncul. Itu sebabnya pengetahuan tentang gejala atau tanda kanker serviks wajib untuk diketahui.

Umumnya penderita kanker serviks disebabkan oleh HPV yaitu jenis virus yang bernama papiloma, dan hanya terdapat pada manusia. Penularan virus ini terjadi akibat dari hubungan seks yang dilakukan sejak dini atau bisa juga penderita memiliki pasangan seksual yang lebih dari 3 atau banyak. Bisa juga kanker serviks disebabkan oleh rokok dan virus HIV.

Berikut adalah 4 gejala yang dimaksud:

  • Pendarahan pada vagina

Vagina dapat mengalami pendarahan yang berlebihan, dan itu terjadi di antara siklus menstruasi dan pendarahan pasca menopause. Keadaan tersebut bisa menjadi tanda kanker serviks tahap awal.

  • Terjadi pendarahan saat berhubungan intim

Terjadinya pendarahan atau keputihan ketika berhubungan badan bisa menjadi gejala kanker serviks. Timbul rasa nyeri saat berhubungan badan juga bisa menjadi gejala kanker serviks.

  • Kemungkinan adanya metastasis

Pada beberapa kasus kanker serviks tahap lanjut, kemungkinan terjadinya penyebaran kanker bisa terjadi, dan kemungkinan besar akan ke perut, paru-paru atau kebagian tubuh lainnya.

  • Gejala lain yang kurang tekait

Mungkin gejala kanker serviks bisa membingungkan, berikut beberapa gejala tersebut, berat badan turun, sakit kaki, nyeri punggung, kelelahan, patah tulang, nafsu makan berkurang dan bahkan terjadi kebocoran pada urin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *