Apa Itu BPH?

Apa Itu BPH?BPH merupakan sebuah singkatan dari nama penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksi. Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostat jinak adalah kondisi kelenjar prostat yang mengalami pembengkakan. Bengkaknya prostat tersebut tidak bersifat kanker.

Prostat sendiri memiliki fungsi untuk menghasilkan air mani, letak kelenjar prostat ini berada di rongga pinggul antara kandung kemih dan penis. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang yang berusia diatas 50 tahun.

Gejala dari penyakit pembesaran prostat jinak ini adalah sebagai berikut, selalu ingin berkemih terutama pada malam hari, inkontinensia urine atau beser, sulit mengeluarkan urine, mengejan pada waktu berkemih, aliran urine tersendat-sendat, mengeluarkan urine yang disertai darah, merasa tidak tuntas setelah berkemih.

Diperkirakan penyebab dari pembesaran prostat jinak ini adanya kaitan dengan perubahan pada kadar hormon seksual akibat proses penuaan.

Pastilah sistem kemih pria berbeda dengan wanita, uretra yang merupakan saluran untuk membuang urine dari kantung kemih menuju penis melewati kelenjar prostat. Tentulah apabila prostat mengalami pembesaran jinak uretra secara bertahap akan menyempit, sehingga aliran urine menuju penis terganggu atau terhambat.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena BPH adalah:

  • Kurang berolahraga dan obesitas.
  • Faktor penuaan.
  • Menderita penyakit jantung atau diabetes.
  • Efek samping obat-obatan penghambat beta.
  • Keturunan

Pertanyaan “Apa Itu BPH?” telah terjawab pada penjelasaan diatas. Pembesaran prostat jinak ini dapat kita cegah dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein, serta rendah lemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.