Bahan-Bahan Alami Penurun Asam Urat Tinggi

Ada beragam tanaman yang memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam urat, tanaman tersebut bisa kita oleh untuk dijadikan obat herbal. Memilih ramuan yang dibuat sendiri merupakan solusi terbaik, dikala obat-obatan biasa tidak dapat menurunkan kadar asam urat serta gejalanya. Bahan-bahan alami penurun asam urat tinggi yang akan kita bahan bisa menjadi obat yang sangat ampuh, apabila diterapkan dengan pola makan dan hidup sehat.

Dengan referensi yang cukup dan dari sumber yang terpercaya tentang tanaman tersebut, ramuan yang dibuat bisa dikonsumsi jangka panjang dan tanpa efek samping.

Gangguan kesehatan dari asam urat tinggi ini bisa dibilang populer, bagaimana tidak gaya hidup dan bahan makanan dewasa ini membuat kondisi tubuh memiliki risiko tinggi untuk terkena berbagai penyakit. Tanda-tanda kadar asam urat yang tinggi biasanya persendian akan terasa ngilu bahkan nyeri, bengkak dan kesemutan. Tanda-tanda atau gejala tersebut kebanyakan muncul pada tubuh bagian pergelangan kaki ke bawah, siku dan jari-jari tangan.

Gejala diatas dapat hilang dengan mengkonsumsi obat dari dokter atau hilang dengan sendirinya, dan biasanya akan berulang walaupun telah mengkonsumsi obat.

Sekarang bahan-bahan yang secara ilmiah mampu menurunkan asam urat dan gejalanya telah banyak dijadikan produk obat herbal, dan secara medis mengkonsumsi obat-obatan herbal atau alami tersebut aman. Walaupun begitu, bahan-bahan alami penurun asam urat bisa kita buat sendiri dirumah.

Berikut adalah bahan-bahan alami penurun asam urat tinggi, dan cara membuatnya:

Daun sirih merah

Beragam nutrisi yang terkandungan dalam daun sirih merah, seperti tanin, saponin, falvonoid dan alkoloid. Daun ini telah lama dipakai sebagai obat untuk mengatasi asam urat dan terbukti ampuh. Cara untuk mendapatkan khasiatnya adalah, dengan merebus daun sirih merah segar, yang telah dibersihkan, dan air rebusan tersebut telah tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut setiap hari, secara rutin.

Daun seledri

Umumnya pohon seledri ini dikenal masyarakat sebagai bahan pelengkap sayur atau sup. Namun ternyata kandungan didalam daun seledri ini bisa untuk menurunakn kadar asam urat dalam tubuh. Untuk cara mengkonsumsinya, cukup siapkan 20-40 lembar daun seledri, dan pastikan telah dicuci sebelumnya, kemudian rebus. Dan biasakan untuk pemanisnya memakai madu asli. Dengan meminum air rebusan seledri tersebut setip hari, gejala asam urat seperti nyeri pada persendian bisa hilang.

Kulit buah manggis

Kulit buah manggis yang berwarna merah keungun memiliki khasiat yang ampuh dalam mengobati gejala-gejala asam urat. Proses pengolahan kulit buah manggis untuk obat ini cukup mudah. Caranya:

  • Ambil sebanyak mungkin kulit buah menggis.
  • Lalu bersihkan bagian luar dari kulit buah manggis tersebut.
  • Potong kecil-kecil, lalu haluskan dengan menggunakan blender bersama dengan air putih secukupnya.
  • Tuangkan ke dalam gelas, dan tambahkan pemanis, seperti madu.

Minum satu sendok makan setiap 3 kali sehari, yaitu pada malam, pagi dan siang hari.

Daun salam kering

Walaupun rupanya yang kurang enak dipandang, ternyata daun kering ini bermanfaat sebagai penyedap masakan. Selain itu, daun salam kering  memiliki khasiat untuk menyembuhkan gejala-gejala asam urat tinggi. Sediakan 10 lemah dan salam kering untuk bisa mendapatkan khasiatnya, lalu rebus dengan 10 gelas air. Dan angkat hingga air rebusan tersebut tersisa 7 gelas. Pagi dan sore merupakan waktu yang tepat untuk meminum air rebusan daun salam kering, dan lakukan setiap hari.

Daun gereges otot

Di Indonesia tanaman ini memiliki nama tersendiri di berbagai daerah. Tanaman ini umumnya dikenal dengan tikei balung. Sering ditemukan di tepi sungai dan rawa dan memiliki ciri tanaman dengan tubuh tegak sekitar 1 meter ke atas.

Untuk membuatnya cukup siapkan daun greges otot secukupnya, sekitar segenggam dan 15 gram daun suku kering. Kumpulkan kedua bahan tersebut ke dalam gelas besar dan seduh dengan air panas. Untuk pemanisnya bisa tambahkan madu. Minum campuran kedua bahan tersebut setiap dua kali sehari selama sepuluh hari atau sampai gejala asam urat menghilang.

Agar kondisi tubuh maksimal dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami penurun asam urat tinggi tersebut atau produk obat herbal yang menawarkan khasiat serupa, ada baiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan nasehat yang bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *