Cara Sederhana Mendeteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Cara Mendeteksi Kanker PayudaraKanker payudara (breast cancer) dapat mengancam setiap wanita, tidak terkecuali. Bertambahnya usia dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Dan risiko kanker payudara juga dapat dipengaruhi oleh keturunan, selain itu ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara, seperti gaya hidup.

Penderita kanker payudara masih ada harapan untuk disembuhkan. Pengobatan adalah hal yang harus dilakukan untuk menyembuhkan kanker payudara. Demikian halnya dengan pencegahan, deteksi dini merupakan cara ampuh untuk terhindari dari kanker payudara.

Mengetahui tanda-tanda yang terjadi pada payudara merupakan hal yang penting. Misalnya, benjolan, penebalan payudara, bengkak, bercak merah atau warna kulit payudara menggelap, ukuran dan bentuk payudara berubah, puting yang masuk ke dalam, keluar cairan seperti darah dan gatal. Bila tanda-tanda tersebut terdapat pada payudara segera temui dokter.

Metode yang dapat dilakukan untuk mendeteksi secara dini kanker payudara adalah dengan melihat dan merasakan. Berikut adalah cara mendeteksi kanker payudara:

  1. Berdiri di depan cermin, perhatikan bentuk payudara, dari mulai ukuran, keadaan puting dan warna.
  2. Angkat kedua tangan, letakan di belakang kepala, lalu perhatikan kembali bentuk payudara.
  3. Setelah itu, berbaringlah terlentang dengan bantal dibawah bahu, lalu tangan diangkat.
  4. Dilanjutkan dengan, menyetuh jaringna payudara dengan gerakan vertikal menggunakan ujung jari, lakukan dengan sentuhan tegas, tapi lembut. Lakukan dari bagian puting sampai area sekitar payudara.

Lakukan cara mendeteksi kanker payudara sejak dini tersebut sebulan sekali di hari yang sama setiap bulannya. Untuk lebih memastikannya periksakan payudara ke dokter setiap 6-12 bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.