Cara Mendeteksi Penyakit Batu Empedu

Cara Mendeteksi Penyakit Batu EmpeduKantung emped merupakan salah satu organ pencernaan, yang tergolong dalam organ pencernaan tambahan (wikipedia). Organ tersebut dapat mengalami kondisi buruk, dan batu empedu adalah salah satunya. Penyakit batu empedu dapat dialami oleh siapa saja.

Penderita batu empedu umumnya dua golongan, pertama, penderita batu empedu dengan gejalanya dan kedua, penderita batu empedu yang hidup tanpa gejala sedikitpun. Karena hal tersebutlah sangat sukar sekali batu empedu untuk dideteksi. Namun pada penderita golongan kedua, bila tidak segera diambil batu empedu tersebut potensi untuk menimbulkan bahaya akan lebih tinggi.

Gejala Yang Dialami Penderita Batu Empedu

Banyak kasus penderita empedu mengalami gejala seperti nyeri di perut, infeksi, mata berwarna kekuningan,
apabila penderita mengalami gejala-gejala tersebut, tindakan untuk pengambilan batu harus dilakukan, jika tidak batu empedu dapat turun ke saluran empedu, sehingga menyumbat saluran empedu yang dapat mengakibatkan cairan empedu membanjiri organ liver.

Rasa nyeri pada perut, yang merupakan gejala batu empedu dapat dirasakan pada perut bagian kanan atas. Gejala ini agak samar dengan gejala penyakit mag, namun gejala mag nyerinya lebih ke perut bagian tengah atau ulu hati. Akan tetapi, biasanya rasa nyeri pada perut kanan atas, akan menjalar ke bahu kanan.

Gejal nyeri pada perut tersebut bisa terus menerus atau hilang timbul dan bersifat tajam.

Gejala batu empedu samar dengan mag, ini yang penting. Apabila si penderita mengkonsumsi obat mag namun, hasilnya tidak berefek sama sekali. Maka, penderit harus melakukan pemeriksaan ke dokter.

Faktor keturunan menjadi penyebab utama batu empedu. Lakukan pencegahan dengan cara melakukan skrining, serta kurangi makanan yang berlemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.