Ciri-Ciri Penyakit Asma

Ciri-Ciri Penyakit Asma

Penyakit asma tergolong penyakit jangka panjang, batuk-batuk, sulit bernapas dan mengi merupakan gejala atau ciri-ciri penyakit asma yang sering diderita. Penyakit ini memiliki gejala dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda, hal ini tergantung pada kondisi tubuh setiap orang.

Biasanya gejala asma dapat dikendalikan dengan baik oleh si penderita. Peradangan saluran bronkial merupakan tanda penyakit asma, dan ini karena terjadi peningkatan produksi dahak.

Berikut gejala atau ciri-ciri penyakit asma secara umum:

  • Batuk, terutama pada malam hari
  • Mengi
  • Sesak napas
  • Dada sesak, nyeri, atau tekanan

Gejala-gejala diatas mungkin tidak semuanya akan dialami, tapi kemungkinan gejalanya bisa salah satu atau lebih. Dan mungkin juga terjadi gejala yang berbeda pada waktu yang berbeda pula. Dan dapat pula terjadinya gejala asma berkaitan dengan penyebab asma, yaitu keturunan.

Baca juga: Penyebab Penyakit Asma

Pada beberapa pederita juga dapat tidak mengalami gejala asma dalam waktu yang lama. Ada juga yang memiliki gejala setiap hari atau mengalami gejala pada waktu olahraga.

Serangan asma ringan biasanya lebih sering diderita. Dan untuk serangan asma berat, itu jarang sekali terjadi. Walaupun demikian serangan asma berat bisa bertahan lebih lama dan perlu batuan medis.

Ciri-ciri penyakit asma berat seperti, sulit bicara, gelisah, bibir dan kuku yang terlihat biru, denyut nadi meningkat, serta inhaler pereda asma tidak mempan dalam mengatasi gejala.

Apabila ciri-ciri penyakit asma diatas dialami segera hubungi dokter, apalagi bila mengalami serangan asma berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.