Jenis-Jenis Batuk dan Penyebabnya

Jenis-Jenis Batuk dan Penyebabnya

Tubuh memiliki banyak mekanisme pertahanan, salah satunya adalah batuk. Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh yang terdapat di saluran pernapasan (wikipedia). Batuk juga bisa menjadi sebuah gejala atau reaksi tubuh terhadapat kondisi organ yang terkena infeksi. Tahukah kalian bahwa batuk memiliki berbagai macam jenis?

Dalam kehidupan sehari-hari batuk sering kita lihat atau dialami. Obat-obatan biasa merupakan solusi efektif untuk mengatasi batuk. Akan tetapi, beda jenis batuk, beda pula cara pengobatannya. Berikut adalah beberapa jenis batuk dan penyebabnya:

  • Batuk rejan. Batuk yang kerap diakhiri dengan suara seperti ingin muntah ketika kita mengambil nafas. Batuk seperti ini disebabkan oleh bakteri pertussis, yang dapat menular melalui percikan cairan dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi, yang dapat keluar karena bersin, batuk, atau tertawa.
  • Batuk sesak (croup). Batuk dengan suara nafas yang keras, seperti ada lendir di dalam dada. Suara yang timbul adalah akibat dari pembengkakan di sekitar pita suara (pangkal tenggorokan) dan batang tenggorokan. Biasanya disebabkan oleh virus.
  • Batuk kering. Batuk dengan suara nyaring dan membuat perut ikut sakit, biasanya makin parah saat malam hari. Bisa disebabkan karena masuk angin, bronchiolitis, atau asma.
  • Batuk produktif/batuk basah. Batuk yang sering diiringi dengan riak atau lendir, yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau asma.
  • Batuk bronchiolitis. Batuk yang diikuti suara nyaring seperti bersiul saat bernafas. Batuk seperti ini biasanya disebabkan infeksi virus yang terjadi pada saluran udara kecil pada paru-paru yang disebut bronchioles. Penyebab lainnya adalah asma.

Itulah beberapa jenis batuk dan penyebabnya. Ingat batuk yang terus menerus harus segera dilakukan pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.