Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita MaagSakit maag adalah salah satu kondisi kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Dan makan yang dikonsumsi merupakan salah satu penyebabnya. Dewasa ini banyak sekali beragam jenis makanan.

Organ perut bagian atas tepatnya lambung yang sedang meradang merupakan letak terjadi sakit maag, dan ini menyebabkan perut tidak nyaman. Tanda-tanda sakit maag biasanya bersendawa, napsu makan menurun, mual, begah setelah makan, perut kembung, dan perut bagian atas terasa perih.

Pencegahan dapat dilakukan agar terhidari dari penyakit maag. Menghindari beragam makanan yang memicu terjadinya sakit maag merupakan solusi terbaik.

Ada beragam pemicu terjadi sakit maag, beberapa diantaranya makan terlalu banyak atau terlalu cepat, stres berat, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan menderita penyakit tertentu. Gaya hidup tidak sehat juga berkontribusi timbulkan sakit maag, misalnya merokok, sering mengkonsumsi makanan pedas, berminyak dan berlemak, serta minum minuman bersoda/berkarbonasi, berkafein dan beralkohol.

Berikut makan yang harus dihindari penderita maag.

Produk olahan susu

Kandungan laktosa dalam usus membuat usus agak lama untuk dicerna. Proses mencerna susu dapat memicu kembung dan menghasilkan gas. Kandungan susu sangat penting untuk kesehatan, sehingga tidak disarankan untuk menjauhi susu sepenuhnya.

Makanan dan minuman asam

Sifat asam dalam makanan dan minuman asam dapat menimbulkan gangguan pencernaa. Dan penderita maag dianjurkan untuk menghindari makanan dan minuman asam tersebut.

Makanan pedas

Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh makanan pedas, oleh karena itu penderita maag sebaiknya mengkonsumsi makanan lembuh, dan hindari juga makanan yang kaya akan rempah-rempah.

Makanan berlemak dan digoreng

Makanan jenis ini belum jelas dapat mempengaruhi lambung. Akan tetapi, lemak memang bisa memperlambat otot pencernaan dan sebabkan otot kandung empedu berkontraksi. Bahkan bisa memperlambat pengosongna lambung, memperburuk kondisi konstipasi serta diare.

Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman dengan pemanis buat mengandung fruktosa yang bisa timbulkan dispepsia. Mengapa? Karena pemanis tidak seluruhnya dicerna dan diserap tubuh.

Alkohol

Bahaya alkohol bisa menyebabkan gangguan pada lapisan lambung dan juga metabolisme hati. Gangguan pencernaan serta gangguan kesehatan lainnya juga dapat dialami.

Minuman berkafein

Gangguan pencernaan, seperti diare merupakan dampak konsumsi minuman berkafein secara berlebihan.

Untuk menjaga kondisi organ lambung sebaiknya lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan dan minum. Ada banyak ragam makanan yang aman untuk dikonsumsi. Semoga artikel mengenai makanan yang harus dihindari penderita maag bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.