Mengenal Dermatitis Seboroik

 Mengenal Dermatitis SeboroikAda banyak penyakit yang bisa dialami oleh organ kulit. Dan dermatitis seboroik merupakan salah satunya. Dermatitis seboroik ialah kondisi kulit kepala dan area tubuh berminyak yang mengalami peradangan pada permukaan kulit berbentuk lesi squamosa, dan tandanya berwarna merah, bersisik, dan berketombe.

Dermatitis seboroik juga sering disebut dengan psoriasis seboroik dan eksim seboroik. Penyakit kulit ini tidaklah menular, akan tetapi dapat mempengaruhi rasa percaya diri si penderita.

Dermatitis seboroik ini bisa terjadi pada semua umur, terutama pada usia puber sampai usia 40 tahunan. Penyakit ini bila diderita olah bayi kerap dijumpai pada area lipatan tubuh dan kepala, dan disebut dengan cradle cap. Kondisi kulit ini sering sekali dialami oleh pria, ketimbang wanita.

Penyebab dari dermatitis seboroik ini belum diketahui secara pasti. Walaupun begitu, terdapat beberapa faktor yang diduga sebagai pemicu timbulnya dermatitis seboroik, diantaranya iklim, keturunan, faktor imunologi, hormonal, lingkungan, aktifitas kelenjar sebasea yang berlebihan dan Malassezia ovale.

Gejala dermatitis seboroik pada umumnya seperti dibawah ini.

  • Kulit terasa gatal.
  • Kulit kepala berubah warna menjadi merah dan berketombe.
  • Kelupasan kulit atau ketombe juga terjadi di kumis, jenggot, atau alis.
  • Kelopak mata akan berkerak atau berwarna kemerahan, atau disebut dengan blefaritis.
  • Kulit bersisik berwarna putih atau kuning terjadi di area kulit yang berminyak selain kulit kepala, seperti wajah, ketiak, telinga, dan dada.

Kesehatan tubuh penderita umumnya tidak terpengaruhi secara keseluruhan, tapi apabila kefektifan dalam pengobatan tidak maksimal serta kondisi tubuh begitu menggangu aktivitas sehari-hari, segera temui dokter.

Pencegahan yang dapat dilakukan, ketahui apa saja yang dapat memicu kondisi dermatitis seboroik. Hindari sedapat mungkin dari paparan faktor pemicu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.