Penyakit Otitis atau Radang Telinga

Penyakit Otitis atau Radang Telinga

Kondisi telinga yang menderita otitis eksterna

Organ telinga jarang sekali mengalami gangguan atau penyakit. Walaupun demikian, kita tetap harus menjaga kesehatan organ telinga. Apabila tidak, bisa-bisa menderita radang telinga.

Otitis merupakan istilah medis untuk kondisi telingan yang sedang meradang. Bakteri dan virus bisa menjadi penyebab terjadinya radang telinga. Bisa juga diakibatkan oleh infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan atas.

Merasakan denging di telinga secara tiba-tiba atau bahkan kehilangan pendengaran merupakan tanda otitis. Tanda lain yang dapat dirasakan penderita otitis adalah telinga terasa penuh dan nyeri, atau mendadak tuli.

Jenis Otitis

Kondisi radang telinga atau otitis memiliki dua jenis, jenis penyakit otitis ini dibagi berdasarkan area yang sedang derita. Diantaranya, otitis media atau radang telinga tengah, dan otitis eksterna atau radang telinga luar.

Otitis Media

Radang telinga tengah atau otitis media adalah kondisi dari telinga tengah yang mengalami infeksi. Area tepatnya yaitu pada ruang belakang gendang telinga. Kondisi ini sering terjadi pada anak-anak. Gejala yang dapat dialami anak penderita otitis media, sering menggaruk telinga, demam dan tidak mau makan. Pada organ dewasa gejala bisa lebih parah, yaitu nyeri pada telinga. Penyebabnya bisa terdapat infeksi akibat bakteri dan virus.

Otitis Eksterna

Jenis kondisi radang telinga luar terjadi akibat adanya infeksi pada saluran telinga bagian luar. Gejala yang bisa dirasakan, diantaranya nyeri, bengkak, kemerahan dan merasakan adanya tekanan di dalam telinga. Otitis eksterna umum terjadi pada orang yang berusia 45-75 tahun. Penyebab radang telinga luar ini biasanya disebabkan oleh bakteri, tapi bisa juga oleh jamur dan virus yang menyebabkan infeksi.

Itulah sekilas mengenai penyakit otitis atau radang telinga. Bila gejala-gejala diatas sedang dialami, segera temui dokter. Dan dokter biasanya akan memberikan obat tetes antibiotika.

Sebagai pencegahan agar kondisi otitis tidak bertambah buruk, jangan pernah menggaruk atau memencet benjolan seperti jerawat.

Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadi penyakit otitis, diantaranya:

  • Jaga pola makan.
  • Konsumsi makanan bergizi.
  • Jaga kebersihan udara, misalnya dengan membuka ventilasi yang cukup.
  • Cuci tangan sebelum makan dan setelah buang air.
  • Menjaga pola hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap prima.
  • Hindari membersihkan telinga dengan benda berujung keras seperti kapas bertangkai (cotton buds). Hal ini bisa menyebab kotoran telinga terdorong kedalam, dan bisa menyebabkan luka pada gendang telinga.
  • Bersihkan selalu bagian muara telinga dan daun telinga.

Kotoran telinga dapat keluar sendiri, dengan bantuan bulu-bulu halus didalam telinga yang bisa mendorong kotoran telinga keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *