Penyebab Penyakit Asma

Penyebab Penyakit AsmaApakah Kalian sering mengalami sesak napas atau ketika bernapas terdengar suara serak atau mengi di dada? Mungkin itu tanda dari kondisi kronis saluran bronkus sedang meradang atau mengalami penyempitan. Dan faktor keturunan merupakan penyebab penyakit asma yang umum dialami.

Umumnya kondisi bronkus penderita asma akan lebih sensitif, sehingga gampang sekali mengalami peradangan. Ketika pemicu asma datang otot-otot disekitar saluran pernapasan akan mengencang, menyempit dan produksi dahak akan meningkat.

Ketika hal diatas terjadi maka timbul gejala-gejala asma, seperti batuk-batuk, keluar suara mengi, sulit bernapas dan lain-lain. Penyempitan permanen dapat terjadi pada saluran pernapasan apa bila penderita sudah terlalu sering mengalami gejala-gejala asma. Dan hal tersebut dapat dicegah dengan menggunakan obat khusus pengontrol asma.

Baca juga: Ciri-Ciri Penyakit Asma

Lalu Apa Penyebab Penyakit Asma?

Faktor keturunan merupakan penyebab umum dari penyakit asma. Akan tetapi, hal tersebut bukan penyebab pasti penyakit asma.

Beberapa hal dibawah ini mungkin dapat meningkatkan risiko terkena asma:

  • Mengalami infeksi paru-paru ketika masih kecil
  • Keluarga memiliki riwayat penyakit asma atau alergi
  • Sering terpapar asap rokok ketika masih kecil
  • Saat lahir berat badan dibawah normal
  • Kelahiran prematur
  • Memiliki masalah kesehatan atopik, seperti alergi makanan

Di Indonesia sendiri penyebab penyakit asma berkembang, sering dengan mningkatkanya jumlah penduduk dan industri. Penyakit asma juga erat kaitannya dengan interior rumah, gaya hidup, pola makan, kebiasaan merokok, paparan alergen, serta polusi udara dari industri maupun kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.