Penyebab Penyakit Batu Empedu

Penyebab Penyakit Batu EmpeduDidalam organ kantung empedu terdapat cairan yang bernama empedu. Cairan empedu ini berfungsi untuk memecah molekul lemak menjadi butiran-butiran yang lebih halus sehingga membentuk suatu emulsi. Pada penderita batu empedu cairan empedu tersebut mengeras atau membeku, dan lama kelamaan cairan empedu yang mengeras tersebut dapat menggangu proses pencernaan dan menimbulkan gejala-gejala.

Batu empedu yang terdapat dalam kantung bisa berukuran kecil, seperti pasar hingga berukuran besar. Setiap penderita memiliki ukuran batu empedu yang beragam dan jumlah yang tidak tentu.

Ada tiga penyebab penyakit batu empedu, yang menyebab cairan batu empedu mengeras.

Terdapat kolesterol tinggi dalam cairan empedu. Banyak kasus batu empedu yang penyebabnya kolesterol tinggi. Dalam kondisi normal cairan empedu mengandung bahan yang dapat melarutkan kolesterol, namun karena kadar kolesterol melebihi batas kemampuan cairan empedu untuk melarutkan, maka kolesterol memngkristal dalam kantung empedu.

Terlalu banyak bilirubin dalam cairan empedu. Kadar bilirubin yang tinggi biasanya disebabkan organ hati yang mengalami gangguan, infeksi saluran empedu dan kelainan darah tertentu, dan hal tersebut berdampak pada cairan empedu. Kontribusi bilirubin tinggi dalam cairan empedu bisa menimbulkan batu empedu.

Gangguan Pengosongan Kantong empedu. Jika kantong empedu tidak mengosongkan diri sepenuhnya atau rutin, maka cairan empedu dapat terkonsentrasi (mengendap) sehingga mempermudah terbentuknya batu empedu.

Perhatikan faktor-faktor yang dapat tingkat risiko terkena batu empedu.

  • Faktor usia
  • Jenis kelamin
  • Dampak melahirkan
  • Pengaruh berat badan

Itulah penyebab penyakit batu empedu yang bisa kita hindari. Biasakan untuk hidup sehat, kontrol asupan makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Dan jangan lupa untuk melakukan olah tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *