Penyebab Penyakit Campak

Penyebab Penyakit CampakDemam dan ruam pada anak mungkin gejala campak yang paling dikenal masyarakat. Akan tetapi campak juga kadang terjadi pada orang. Dan penyakit campak sendiri memiliki dua jenis, dan masing-masing disebabkan oleh virus yang berbeda.

Kedua jenis campak tersebut memang menimbulkan gejala umum yang sama, yaitu demam dan ruam. Meskipun begitu, kedua jenis campak ini benar-benar berbeda.

Virus Penyebab Penyakit Campak

  • Virus rubeola merupakan penyebab campak merah atau sering disebut campak saja. Meskipun infeksi akibat virus ini dapat sembuh dengan sendirinya, namun rubeola dapat mengakibatkan komplikasi, seperti pneumonia atau radang otak.
  • Virus rubella adalah penyebab campak jerman yang biasanya gejala lebih ringan. Namun, virus ini dapat menyebabkan cacat lahir yang signifikan jika seorang wanita hamil yang terinfeksi virus lewat untuk anaknya yang belum lahir. Namun, apabila virus ini terinfeksi pada wanita hamil, besar risiko cacat lahir pada anak yang akan dilahirkannya.

Campak tergolong penyakit yang sangat menular, virus rubeola dapat menyebar melalui sistem pernapasan. Masuknya virus rubeola ini disebabkan penderita campak yang bersin dan batuk, sehingga virus melayang diudara dan terhirup. Bahkan, virus rubeola adalah salah satu virus yang paling menular yang pernah dikenal manusia.

Baca juga: Ciri-Ciri Penyakit Campak

Itulah penjelasan mengenai penyebab penyakit campak. Campak ini dapat dicegah dengan vaksinasi MMR. Vaksin MMR adalah vaksin gabungan untuk campak, gondongan, dan campak Jerman. Namun, cara terbaik mencegah terkena campak adalah dengan menerima imunisasi sejak kecil.

Sumber: http://www.emedicinehealth.com/measles/article_em.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.