Penyebab Penyakit Dispepsia atau Sakit Maag

Penyebab Penyakit Dispepsia atau Sakit MaagDispepsia merupakan istilah medis untuk kondisi lambung yang sedang sakit atau perih, karena terluka. Luka yang terjadi pada organ lambung umumnya disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori (H. pylori). Dan penyebab umum kedua kemungkinan penderita makan tidak teratur.

Penyakit maag ini sudah tidak asing lagi. Dan penyakit ini bermula dari radang yang terdapat pada bagian dalam lambung. Kondisi ini bila tidak segera diatasi dapat membuat lapisan dalam lambung menjadi terkikis dan membentuk luka.

Kondisi kesehatan ini sering sekali dialami oleh masyarakat Indonesia. Pada tahun 2004 diperkirakan 3 juta orang dari dari total penduduk Indonesia menderita tukak lambung, hasil ini diperoleh dari Internasional Data Base.

Terjadinya peradangan pada lambung disebabkan oleh rusaknya pertahanan lambung (lendir) yang melapisi dinding dalam lambung. Dan penyebab rusaknya pertahanan lambung tersebut adalah obat-obatan inflamasi atau bakteri H. pylori.

Untuk mencerna makanan, lambung menghasilkan zat asam. Meski zat asam merupakan sesuatu yang penting dalam proses pencernaan, namun zat ini juga dapat menyebabkan radang dan kemudian luka pada permukaan lambung yang dikenal sebagai tukak. Untuk mengantisipasinya, lambung melapisi permukaannya dengan lendir.

Sampai saat ini belum diketahui mengapa seseorang rentan terhadap infeksi H. pylori. Risiko juga dapa meningkat apa bila kecanduan merokok.

Penyakit maag sendiri juga dapat menurun dalam keluarga. Seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag keluarga akan lebih sensitif terhadap H. pylori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.