Perbedaan Penyakit Gondongan dan Gondok

Perbedaan Gondongan dan GondokPenyakit gondongan dan gondok ternyata merupakan penyakit yang berbeda. Meskipun gejala yang ditimbulkannya hampir mirip, yaitu pembesaran kelenjar. Dilihat dari penyebabnya kedua penyakit ini tidaklah sama.

Istilah gondok juga bisa disebut dengan goiter, penyakit gondok ini disebabkan karena adanya gangguan pada hormon tiroid, yang menimbulkan bengkak pada leher. Dan penyakit gondongan sendiri dipicu oleh virus yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada kelenjar parotis (air liur).

Penyakit Gondongan

Infeksi yang disebabkan oleh virus yang terjadi pada kelenjar parotis memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit flu seperti pusing, demam dan nyeri otot. Penyakit gondongan atau parotitis epidemika merupakan penyakit menular, yang dapat dialami oleh semua umur.

Ace Maxs Obat Alami Gondongan (terdaftar di BPOM RI)
Ace Maxs merupakan obat alami yang terbuat dari kulit buah manggis dan daun sirsak. Kandungan didalamnya mampu mengurangi gejala gondongan dan mempercepat penyembuhan.
http://nutrifa.com/obat-alami-gondongan/

Virus penyebab gondongan ini bisa menyebar melalui udara atau kontak langsung dengan penderita. Penderita gondongan umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, dan jarang sekali ditemukan penyakit gondongan bertahan lebih dari 2 minggu. Karena penyebabnya adalah virus, sistem imun dalah tubuh haruslah ditingkatkan, agar tidak mudah terinfeksi kembali.

Penyakit Gondok

Kelenjar tiroid yang terletak di leher dapat disebabkan oleh adanya tumor jinak, yang mengakibatkan terjadi masalah pada hormon tiroid. Pembengkakan yang merupakan gejala gondok, bisa saja menjadi kanker. Gondok ini sering dialami oleh kaum wanita, kondisi berat ringannya penyakit gondok ini ditentukan seberapa besar pembengkakan yang dialami dan produksi hormon yang terganggu.

Pembengkakan pada kelenjar tiroid bisa terjadi pada salah satu atau kedua lobus kelenjar tiroid. Penyebab dari gondok ini bisa terjadi oleh adanya gangguan autoimun, yang disebabkan oleh kekurangan zat yodium dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *