Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

Sumber fajar.co.id

Aktivitas yang banyak menguras otot dan otak membuat kita kelalahan ketika menyudahi pekerjaan. Untuk mengatasi kelelahan setelah kita berkerja salah satunya adalah dengan tidur.

Namun ada hal lain yang harus diperhatikan sebelum kita istirahat untuk tidur. Posisi menjadi hal penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Selain itu posisi tidur yang baik dapat mencegah tubuh kita nyeri setelah bangun tidur.

Ada tiga posisi tidur yang baik untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya:

  • Terlentang

Posisi tidur terlentang baik sekali untuk kita tidur di malam hari. Terlentang dapat mencegah punggung serta leher mengalami rasa nyeri.

  • Menyamping

Posisi tidur yang baik kedua adalah memalingkan tubuh ke kiri atau ke kanan. Menyampingkan tubuh saat tidur dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita sakit punggung.

  • Miring ke kiri bagi ibu hamil

Bagi ibu hamil disarankan untuk menggunakan posisi miring ke kiri saat tidur. Dengan posisi tersebut dapat memperlancar peredaran darah ke janin.

  • Tengkurap

Posisi tidur yang baik bisa menempatkan perut dibawah atau tengkurap. Posisi ini sebenarnya kurang baik untuk orang sehat, karena bisa memberikan tekanan pada otot dan sendi sehingga bisa menimbulkan rasa nyeri serta kesemutan. Lalu untuk siapa posisi tidur tengkurap ini harus dilakukan? Orang yang selalu mendengkur, orang yang mendengkur melakukan posisi tidur seperti ini bisa membuka saluran udara bagian lebih terbuka. Posisi tidur ini baik untuk orang yang sering mendengkur, penderita sakit punggung dan leher.

Pilihlah posisi tidur yang baik sesuai kondisi kesehatan tubuh, dan pastikan untuk menerapkan posisi tidur ini seumur hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.